Jumat, 30 November 2012

Penggunaan Columns

Fitur Columns (kolom) di Microsoft Word biasanya digunakan untuk mengatur teks seperti pada koran atau jurnal penelitian yang terbagi menjadi beberapa kolom.


1. Cara Membuat Kolom


 a. Pilih orientasi kertas, pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Orientation. Pilih Portrait atau Landscape.
Page Setup Group
 b. Pilih kumpulan teks seperti contoh berikut.
Contoh Teks
 c. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns.
 d. Pilih Two untuk membuat dua kolom.
Columns
 Jika anda sudah memilih two, maka otomatis teks yang tadi sudah anda buat akan berubah menjadi dua     kolom.

2. Cara Mengatur Lebar dan Jarak Kolom


 a. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik More Columns untuk menampilkan kotak dialog Columns
Column Dialog Box
 b. Untuk mengatur lebar kolom, ubah angka pada kotak Width.
 c. Untuk mengatur jarak antar kolom, ubah angka pada kotak Spacing.
 d. Klik OK bila sudah selesai.

3. Cara Memberi Garis Pemisah Pada Kolom


 a. Jika kolom terdiri dari beberapa section, klik pada section yang ingin diberi garis.
 b. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik More Columns untuk menampilkan kotak   dialog Columns.
 c. Centang kotak Line between.
Garis Antar Kolom
d. Klik OK bila sudah selesai.

4. Cara Mengganti Jumlah Kolom


 a. Klik pada bagian kolom yang ingin diganti jumlahnya.
 b. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns.
 c. Pilih jumlah kolom yang diinginkan.
  • One - 1 kolom.
  • Two - 2 kolom.
  • Three - 3 kolom.
     Left - untuk membuat kolom kiri lebih sempit (hanya untuk 2 kolom).
Column Left
    Right - untuk membuat kolom kanan lebih sempit (hanya untuk 2 kolom).
Column Right
 d. Untuk membuat lebih dari 3 kolom, pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik More                         Columns untuk menampilkan kotak dialog Columns.
 e. Ganti jumlah kolom pada kotak Number of columns.
 f. Klik OK bila sudah selesai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar